Manfaat Sarapan dan Akibat Tidak Sarapan


Sarapan, seringkali disepelekan oleh sebagian orang karena kesibukannya. Banyak orang yang mual setelah sarapan karena tidak terbiasa. Alasan terburu-buru dan ingin menurunkan berat badan kadang membuat orang mengabaikan saran. Mengabaikan sarapan berarti Anda menanggung risikonya? Tahukah Anda manfaat sarapan itu?

Manfaat Sarapan :

  1. Sarapan membantu meningkatkan konsentrasi selama beraktivitas.
    Untuk sarapan, seringkali kita memilih nasi ataupun roti. Baik nasi maupun roti sama-sama mengandung glukosa yang akan diserap oleh sel untuk dijadikan energi. Selain itu, sarapan juga bisa membuat mood kita agar lebih bagus.
  2. Sarapan membantu mengontrol berat badan.
    Sudah sering dibuktikan bahwa sarapan di pagi hari bisa membantu mengontrol berat badan. Apa sebabnya? Dibandingkan dengan orang yang tidak makan sarapan di pagi hari, orang cenderung makan banyak saat makan siang. Hal ini tidak bagus, lebih baik makan dalam porsi sedikit tetapi sering.
  3. Mempererat rasa kekeluargaan.
    Sarapan bersama keluarga berarti ada banyak hal yang bisa didiskusikan selama makan. Penelitian juga membuktikan bahwa keluarga yang sarapan bersama-sama mempunyai ikatan emosi lebih kuat dibanding dengan keluarga yang sarapan sendiri-sendiri.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres.
    Riset membuktikan bahwa karyawan yang tidak sempat sarapan cenderung rentan mengalami stres. Sebaliknya, mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan cenderung lebih bahagia dan lebih menikmati pekerjaannya.
  5. Membuat lebih sehat.
    Rajin sarapan membuat asupan vitamin yang dikonsumsi lebih banyak daripada orang yang tidak rajin sarapan. Seperti yang kita ketahui, makanan yang kita makan selama sarapan mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, D, E serta zat besi dan kalsium.
  6. Meningkatkan memori dan konsentrasi
    Sarapan yang sehat dapat memberikan kontribusi untuk penurunan berat badan, meningkatkan memori dan konsentrasi, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  7. Meningkatkan daya kerja
    Sarapan yang bergizi dan penuh akan vitamin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya kerja.
  8. Sarapan meningkatkan kekuatan dan ketahanan stamina saat beraktifitas, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan menyelesaikan masalah.
  9. Sarapan membuat koordinasi yang baik antar panca indera, mengontrol berat badan, mengurangi kelelahan dan mengantuk saat beraktifitas…

Lalu, tahukah anda apa akibatnya jika kita jarang sarapan?

  1. Saat perut kosong karena tak sarapan tubuh tidak akan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk efisiensi di pagi hari. Sehingga pada saat jam 10-11 siang akan timbul kelelahan dan kelaparan yang mengganggu kerja.S
  2. Seseorang yang melewatkan sarapan memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi, khususnya di jam-jam sebelum makan siang.
  3. Seseorang yang tidak sarapan, membuat asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh diambil dari glukosa darah. Ini menyebabkan kadarnya akan menjadi berkurang, yang mengakibatkan kesehatan dan keseimbangan tubuh terganggu.
  4. Akibat nyata tidak sarapan badan menjadi lemas, kepala pusing, mengantuk, letih dan lesu, serta berpengaruh pada daya konsentrasi dalam berpikir dan bekerja.
  5. Anda bisa saja terkena penyakit mag jika jarang sarapan

About Maulititus Eko Pramono

Mau tahu tentang diriku lebih lanjut... Klik https://moomooblogs.wordpress.com/tentang-si-pembuat-blog/

Posted on 7 Mei 2012, in Kesehatan, Penyakit, Semua Tulisan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Pernah gak khasiat tentang kopi luak,,,yaitu salahsatunya bisa nyebuhkan penyakit mag

    Suka

  2. ya sarapan pagi jgn pernah disepelekan lg. Krn manfaat dr sarapan pagi itu sangat banyak, untuk kesehatan dan aktifitas kita dlm sehari. tp jg harus diperhatikan asuapa sarapan paginya dnegan menu yg benar dan sehat. Sy sudah 4th ini merubah sarapan pagi, dan mafaat yg ada di artikel ini sudah sy rasakan. Tips2 dr sy untuk bisa merubah sarapan pagi bisa buka blog http://www.healthyslim.weebly.com

    Suka

  3. Benar sekali, manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh itu besar sekali. Bahkan, bagi anak-anak, sarapan dapat meningkatkan kecerdasannya lho. Trims, telah berbagi …

    Suka

  4. sarapan dengan porsi yang cukup memang sangat penting untuk kesehatan dan otak. terlebih bila seorang pelajar membutuhkan konsentrasi. dengan sarapan akan membantu konsentrasi otak dan mengurangi resiko maag.

    Suka

  1. Ping-balik: #CeriTo Kesepuluh « awardeean

Luangkan Waktu Anda Untuk Berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: